Wednesday, April 6, 2011

Manajemen Pergelaran/ Pementasan Teater

Manajemen Pergelaran/ Pementasan Teater

  Manajemen terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (execution), dan evaluasi (evaluation). Dengan manajemen yang di jalankan dengan baik akan dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efesien.

    Efektif artinya dapat menghasilkan karya seni yang berkualitas sesuai dengan keinginan seniman atau penontonnya. Efisien berarti menggunakan sumberdaya secara rasional dan hemat, tidak ada pemborosan atau penyimpangan.

      Manajemen adalah cara memanfaat semua sumber daya, baik itu sumber daya manusia, maupun sumber daya lainnya seperti peralatan, barang dan biaya untuk menghasilkan pementasan atau karya seni pertunjukan teater.



Fungsi dari Manajemen pergelaran Teater, antara lain :
• Agar pementasan berjalan lancar, dengan membentuk dan membagi tugas kepada ketua produksi sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi;
• Meminimalisir kerugian dan halangan;

Perencanaan adalah merupakan tahapan pertama yang harus dilakukan oleh suatu organisasi. Dalam tahap inilah ditentukan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai dalam waktu tertentu dan cara yang akan ditempuh untuk mencapainya. Misalnya sasaran dalam satu semester melakukan satu kali pementasan.

kegiatannya meliputi :
1.Menulis atau memilih naskah yang cocok untuk di pentaskan
2.Rencana latihan
3.Mencari dan menentukan rencana tempat pertunjukan
4.Mencari biaya pementasan
5.Rencana promosi dan publikasi
6.Dan lain-lain

Proses Perencanaan dilakukan melalui :
1.Menentukan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan
2.Mengurutkan langkah – langkah kegiatan
3.Penjadwalan / menyusun time scedulle
4.Integrasi atau terpadu dalam satu proses bersama

Manajemen pergelaran Teater ada 2 macam, yaitu bidang Produksi dan Bidang Artistik.

1.Manajemen Produksi
1.1 Ketua produksi/ pimpinan produksi
Produser adalah orang yang membiayai segala keperluan dalam pementasan drama. Setiap kali pementasan drama, produserlah yang merupakan faktor yang paling utama, apakah pementasan drama dapat dilaksanakan atau tidak. 

Dalam pementasan drama tidak sedikit biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, dengan adanya produser maka biaya tersebut akan ditanggung sepenuhnya oleh produser. Walaupun demikian, unsur-unsur pementasan drama yang lain juga merupakan faktor yang penting juga dalam pementasan drama. 

Dengan kata lain baik produsen maupun unsur yang lain adalah suatu yang tak dapat dipisahkan antara satu sama lain. Tugas yang lain dari ketua produksi adalah memimpin seluruh perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan produksi pementasan teater.

1.2 Sekretaris/ Administrasi
Sekretaris merupakan orang yang bertanggung jawab untuk membukukan dan mencatat semua kegiatan yang berhubungan dengan produksi teater. Tugas yang lain a.l :

  • Membuat proposal,
  • Membuat surat,
  • Membuat rancangan kegiatan, dan semua hal yang berhubungan administrasi kesekretarisan


1.3 Bendahara
Bendahara adalah orang yang bertanggung jawab terhadap semua hal yang berhubungan dengan keuangan. Baik pelaksanaan maupun administrasi keuangan sampai pelaporan keuangan.

1.4 Seksi-seksi
  • Perlengkapan/ Akomodasi, seksi yang bertanggung jawab atas  perlengkapan kegiatan, dari awal kegiatan sampai selesai.
  • Transportasi, seksi yang bertanggung jawab atas kelancaran dan tersedianya transportasi selama kegiatan.
  • Dokumentasi, seksi yang bertanggung jawab atas dokumentasi kegiatan berupa video atau gambar/ foto.
  • Publikasi, seksi yang bertanggung jawab atas promosi kegiatan.
  • Konsumsi, seksi yang bertanggung jawab atas kebutuhan logistik/ konsumsi kegiatan.
  • Keamanan, dll
Dari masing-masing seksi bertugas kepada semua hal yang berhubungan dengan seksi masing-masing. Seksi-seksi tersebut dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan kegiatan.

Evaluasi bisa dilakukan saat proses produksi berlangsung dan juga saat semuanya sudah selesai. Langkah ini adalah upaya manajemen untuk terbuka dan transparansi yang nantinya akan memeberikan dampak positif apabila akan mengadakan pertunjukan berikutnya.

3 comments:

  1. terimakasih atas pelajaran yang sangat berharga ini. mohon jawabannya saya ingin bertanya. bagaimana cara meminimalisir anggaran biaya ketika peralatan untuk dekorasi panggung dan lighting. saya ditunjuk menjadi ketua pagelaran. tugas mata kuliah apresiai dan kajian drama dikampus saya. mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dalam pementasan ada dua seksi yang lumayan memakan anggaran 1.perlengkan pementasan baik panggung atau lainnya 2. Konsumsi.
      Perlengkapan sendiri dan yang lumayan memakan biaya ada pada desain panggung artisdtik dll.
      Untuk meminim biaya artistik harus memaksimalkan/memanfaatkan alam contoh membuat rumah. Dan untuk meminim biaya konsumsi harusnya membeli sesuatu yang harganya miring atau enggk iuran anggota atau senior kakao mau.
      Dan jangan lupa untuk mengajukan proposal

      Delete
  2. Very nice post.really I apperciate your blog.Thanks for sharing.keep sharing more blogs.

    ดูหนังออนไลน์

    ReplyDelete