Saturday, April 23, 2011

Latihan berPasangan

Latihan BerPasangan
Latihan Berpasangan 
      Latihan adegan duet atau berpasangan sangat baik untuk mengembangkan kemampuan aksi dan reaksi dalam akting. 

      Seperti diketahui bahwa pemeran yang terfokus pada aksi berarti baru melakukan separuh kerja pemeranan karena separuh yang lain adalah reaksi. 

      Reaksi sama pentingnya dengan aksi karena ia akan menentukan kewajaran aksi berikutnya. Aki-reaksi tidak hanya dalam hal dialog atau wicara tetapi juga ekspresi, emosi, dan gerak.
Pemain berpasangan, menentukan siapa menjadi apa, di mana lokasinya dan topik pembicaraannya apa. Tapi, karakter atau sifatnya saling kontras misalnya pemain satu sebagai majikan yang suka memerintah dan marah, pemain yang lain sebagai pembantu yang selalu disuruh dan sabar. Pada saat mereka berdialog, instruktur berkata “berubah” maka bersamaan dengan itu tanpa menghentikan adegan pemain berganti sifat.

Pembantu berubah menjadi marah dan bernada tinggi sementara majikan menjadi takut dan sabar. Demikian seterusnya dengan pasangan pemain yang lain. Intinya, semua pemain harus pernah mencoba sifat yang kontras dalam satu adegan dialog. Sebuah latihan yang ringan dan baik untuk belajar karakter.

Latihan emosi
Sebuah adegan sederhana dimainkan, minimal oleh dua orang. Di tengah adegan cerita dihentikan oleh instruktur. Kemudian cerita dilanjutkan dengan perubahan karakter dan emosi pemain sesuai permintaan audiens (partisipan lain). 

Jadi, audiens menentukan perubahan karakter dan emosi pemain secara mendadak begitu adegan dihentikan oleh instruktur, sehingga para pemain dituntut kreativitas, imajinasi, dan penangan masalah dengan cepat sesuai permintaan.

Ganti Peran
Adegan sederhana dimainkan oleh dua orang atau lebih. Ambillah cerita atau permasalahan yang sangat sederhana sehingga semua pemain mampu memainkannya. Di saat adegan sedang berlangsung, instruktur menghentikan cerita dan meminta para pemain bertukar peran, dan cerita terus dilanjutkan. Keadaan ini bisa dilakukan berulang, hingga para pemain bisa benar-benar saling bertukar peran.

CATATAN: satu permainan kreatif untuk mengenal, mengobservasi serta melakukan karakter dengan cepat.

No comments:

Post a Comment