Tuesday, March 8, 2011

Aliran dalam Teater

Dalam kemunculan dan perkembangannya sampai detik ini, teater telah memunculkan berbagai macam aliran yang hadir di tiap jamannya.
Aliran-aliran ini menandai tiap jaman dengan kulturnya sendiri-sendiri dan tentu saja dengan ciri dan karakter yang khas.
Berikut ini adalah macam-macam aliran dalam teater:




  1. Aliran Klasik
  2. Aliran Romantisme
  3. Aliran Realisme
  4. Aliran Ekspresionisme
  5. Aliran Naturalisme
  6. Aliran Eksistensialisme
Aliran-aliran tersebut merupakan bentuk gambaran cara pandang terhadap budaya dan kebebasan, karena secara sadar atau tidak aliran-aliran tersebut adalah karena ekses dari aliran sebelumnya. Aliran-aliran tersebut menunjukkan betapa begitu besar upaya manusia sebagai manusia yang berbudaya dan berpikir. Aliran yang hadir adalah sebab dari aliran sebelumnya yang tidak mampu menampung gagasan dan ide sehingga muncullah aliran baru yang lebih memberikan ruang kepada ide dan gagasan yang baru, aliran itu juga menunjukkan kedewasaan cara berpikir, karena tiap aliran mempresentasikan gaya dan metode berpikir dan sikap.
Setiap aliran memiliki kelebihan dan kekurangan, karena itu semua adalah produk akal yang bisa terus berkembang selama manusia berpikir.

2 comments:

  1. mas ijin copas ya.... butuh untuk pengembangan buku pelajaran tentang drama (penelitian Tesis). Nti tetap tak kasih alamat web panjenengan di daftar pustaka. Oke..trims ya sebelumnya

    ReplyDelete
  2. berarti aliran abstrak itu ngga termasuk ya ?

    ReplyDelete