Sunday, April 24, 2011

Bermain dengan Imajinasi

Latihan Imajinasi Dengan Permainan

Permainan ini dilakukan dengan berkelompok dan dengan sungguh-sungguh.

a. Voly Nama
Permainan voly dengan nama sebagai bola. Pemain di bagi dalam grup, masing-masing grup terdiri dari 3 atau 6 orang. Dua grup kemudian dipertandingkan. Permaian voly ini dilakukan dengan pantomim dan bolanya adalah nama (aturan seperti permainan voly sungguhan). 

Grup pertama melakukan service dengan menyebut salah satu nama dari grup lawan, nama yang dsebut kemudian mengoper bola dengan menyebut nama rekannya, nama rekan yang disebut kemudian melakukan smash dengan menyebut salah satu nama lawan, nama lawan yang disebut menerima bola dan mengoperkan dengan menyebut nama kawannya, demikian seterusnya. 


Permainan ini akan menarik jika temponya dipercepat.

b. Mencari Selamat
Permainan dilakukan secara kelompok misalnya lima atau enam orang. Tentukan dulu aba-aba yang digunakan, banjir, petir, hujan, panas, dan badai. Properti yang digunakan adalah level, kipas tangan dan payung, jumlahnya kurang satu dari jumlah peserta. Latihan dimulai dengan peserta berjalan dengan santai, dalam satu waktu pembimbing meneriakkan aba-aba yang telah disepakati. 

Misalnya, pembimbing berteriak “hujan”, maka peserta berebut mencari payung dan memakainya. Bagi peserta yang tidak kebagian payung berarti dia akan kehujanan dan kedinginan. Bila pembimbing berteriak “banjir”, maka semua peserta berusaha menyelamatkan diri menuju ke tempat yang lebih tinggi yaitu level yang ada. 

Bagi peserta yang tidak kebagian level maka dia akan terbawa oleh banjir dan harus berenang, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment