Sunday, April 8, 2012

sutradara bagi masa depan

sutradara bagi masa depan

Orang-orang yang memntaskan drama hanya untuk menghibur dirinya sendiri kemudian mereka meminta orang lain ikut menyaksikan pementasan itu, maka pertunjukan itu tidak hanya akan berakhir dengan tanpa penonton.

Bahkan pertunjukan semacam itu dapat merusak citra penonton terhadap teater. Seorang sutradar harus mengerti hal ini. Terutama sutradar yang punya cita-cita agung: ingin menggunakan teater sebagai media pendidikan bagi anak-anak muda.

Bekerja sama dalam kelompok teater dalam waktu yang relatif panjang, sutradara dapat memberikan pemahaman yang paling dalam terhadap anaka muda tentang apa sebenatrnyta yang mendorong mereka melakukan pementasan.

Bukan hanya ketrampilan bermain teater yang ditularkan oleh sutradara kepada para angota muda itu, melainkan juga mengajak mereka mengerti , memahami, dan menilai hidup dan kehidupan mereka di masa datang, jika mereka itu telah memiliki pemahaman tentang tujuan artistik sejati dan kemampuan yang sempurna dalam mengekspresikan pengalaman artistik mereka.

No comments:

Post a Comment