Monday, February 21, 2011

Etika teater

Teater ialah sebuah bentuk apresiasi manusia terhadap semua yang dicerapnya melalui akal dan inderanya. sehingga Seni (teater) selalu hidup dalam berbagai bentuk lingkungan dan komunitas, karena ia adalah seperti sebuah kebutuhan, air kehidupan ditengah gurun banalitas dan materialis.
Dalam perkembangan sosial budaya masyarakat banyak muncul ideologi dan isme-isme yang mengkritik serta kalau tidak dikatakan menentang paham mainstream di masyarakat. Pun begitu dalam teater, banyak muncul dan tumbuh teater yang berideologi bersebrangan dengan mainstream teater.
Maka, tak pelak lagi, muncul juga komunitas yang begitu getol mengumandangkan kebebasan dalam tiap pementasannya. Bahkan sering menyinggung norma-norma di masyarakat.


Apakah itu teater? Biarkan semua berproses, kelak pasti akan sampai pada titik akhirnya, selama proses tetap berjalan.
Etika tidak hanya berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, etika adalah insting manusia untuk bisa bersosialisasi dengan siapapun.
Teater pun memiliki etika, etika yang bertujuan untuk masa depan penontonnya. etika yang tidak melanggar norma dan nurani manusia. Karena etika bukan yang akan mengekang kebebasan tetapi ia pelita bagi jalan masa depan.

No comments:

Post a Comment