Saturday, April 23, 2011

Latihan berDialog

Latihan berDialog

Musik dan katakan!
Semua pemain untuk berjalan dengan bebas dan santai. Lalu musik dimainkan dan semua pemain bergerak mengikuti irama musik. Ketika musik berhenti segera semua berhenti bergerak.

Terus Namun ketika musik dimainkan (oleh instruktur) semua pemain harus bergerak mengikuti irama musik yang diperdengarkan. Ketika musik dihentikan semua pemain berhenti dan pose diam mematung sesuai gerak terakhir yang dilakukan.

Ketika musik dimainkan kembali pemain bergerak atau menari mengikuti irama musik. Demikian seterusnya. Kemudian ditingkatkan dengan dialog, dialog ketika secara spontan dan bebas setelah semua berhenti bergerak atau musik berhenti. Dialog bisa berupa pernyataan, puisi dan lain sebagainya.


Dubbing
Dua orang pemain sebagai peraga dan dua orang pemain lagi bercakap (berdialog). Pemain yang sebagai peraga hanya memperagakan apa yang diucapkan oleh para pemain yang saling bercakap. Namun demikian, apa yang diucapkan oleh pemain yang berdialog dapat dipengaruhi oleh peragaan pemain yang bertindak sebagai peraga.

Intinya keempat pemain ini saling mempengaruhi sehingga cerita dibangun tidak hanya oleh dua pemain yang bercakap tetapi juga oleh pemain yang sebagai peraga.
Normal, Slow, Fast

Pemain berpasangan, menentukan siapa menjadi apa, di mana lokasinya dan topik pembicaraannya apa. Di tengah percakapan, instruktur berkata “Slow!”, maka semua adegan harus dilakukan secara slow motion (semua menjadi lambat seperti replay dalam televisi). Sampai beberapa waktu, instruktur berkata “Normal!”, maka adegan kembali norman.

Kemudian setelah beberapa saat instruktur berkata “Fast!” atau “Cepat!” maka adegan dipercepat, baik itu gerak ataupun cara pengucapannya. Kemudian setelah beberapa saat, instruktur kembali berkata “Normal!”, maka adegan kembali normal dan dilanjutkan sampai selesai. Demikian seterusnya dengan pasangan pemain yang lain.


Dialog segitiga
Tiga orang pemain. Satu duduk di tengah yang lain duduk disamping kanan dan kiri. Pemain yang di tengah menjawab setiap pertanyaan pemain yang ada di kiri atau kanannya dengan topik yang berbeda.

Jika pemain tengah terlalu lama berbicara dengan pemain sebelah kanan, maka pemain sebelah kiri harus berusaha dengan keras agar pemain di tengah berbicara dengan dirinya. Demikian juga sebaliknya. Dalam usahanya menarik perhatian pemain yang di tengah, pemain di samping kanan dan kiri boleh menyentuh atau menarik tangan pemain yang di tengah.

Setelah selesai atau dihentikan oleh instruktur maka pemain yang di tengah bergeser ke pinggir, pemain yang pinggir gantian di tengah sementara pemain di sisi lain diganti oleh pemain baru. Demikian seterusnya sampai semua pemain pernah bermain baik di tengah atau di pinggir.

1 comment:

  1. keren ni... klasik si.. tapi bagus untuk masukan acara buat teman2...heheh
    kunjungi blog aku juga ya....
    mariopauluspelecolin.blogspot.com

    ReplyDelete