Saturday, March 26, 2011

HUmor ala Chekov

Humornya ala Chekov

Dalam posting sebelumnya telah saya sebutkan beberapa gaya dan bentuk humor atau komedi. Maka dalam tulisan saya saat ini, saya akan mengenalkan gaya humor atau komedi dari salah seorang cerpenis dan penulis drama komedi dari Rusia.

Untuk biografinya dapat di baca di http://wisatateater.blogspot.com/2011/03/anton-chekov-biografi.html.

Dalam beberapa karyanya, kita dapat melihat bagaimana chekov mengolah plot dan alur permainan menjadi sesuatu yang menarik sehingga kita akan terus menunggu situasi selanjutnya yang tak menentu. Artinya ketegangan yang dibuat chekov adalah ketegangan yang dibuat dari keadaan yang tidak menentu atau mendadak dan tidak terprediksi sebelumnya.

Konflik yang dibangun dari plot yang dihadirkan chekov memang bukan konflik yang wah atau konflik yang begitu mencekam, mengharukan dan menghebohkan tetapi konflik yang biasa-biasa saja.

Sedangkan karakter dan watak yang dibangun dalam tokoh-tokohnya, tidak terartikulasi dengan jelas karena watak dan karakter bukan hal utama dalam karyanya. Situasi adalah peran dasar dalam mengembangkan konflik dalam cerita chekov.

Coba kita lihat pada naskah pinangan. Bagaimana situasi yang berjalan lancar tiba-tiba terjadi konflik hanya karena sesuatu yang lain dan tidak berhubungan dengan alur cerita utama. atau mungkin bisa kita katakan kalan jalanya berbelok sedikit. Lalu keadaan berbalik kejalan yang lurus kembali dan berjalan lancar kembali, lalu terjadi masalah yang kedua kalinya hanya masalah perbedaan persepsi.

Untuk memasuki drama chekov, yang realis. Maka kita perlu mendekatinya dengan pendekatan jiwa/ batin terlebih dahulu. karena itulah yang menguatkan alur dramatiknya.

Watak dan karakter yang merupakan hasil perkembangan dari situasi dan kondisi saat itu. Artinya, selamilah situasi baru masukkan dalam pengalaman kita, sehingga situasinya menjadi milik kita.

No comments:

Post a Comment