Sunday, April 10, 2011

Karakter Karikatural

Karakter Karikatural 

      Didalam berbagai bentuk karakter, terdapat salah satu karakter yaitu, karakter karikatural. Karakter ini digunakan memang tidak sebagai karakter utama, entah itu protagonis atau antagonis. 

      Akan tetapi tujuan adanya karakter ini adalah untuk menyeimbangkan situasi dan keadaan menuju klimaks, atau bahkan sebagai jalan menuju klimaks atau konflik.

      Karikatural adalah karakter tokoh yang tidak wajar, satiris, dan cenderung menyindir. 

     Karakter ini segaja diciptakan oleh penulis lakon sebagai penyeimbang antara kesedihan dan kelucuan, antara ketegangan dengan keriangan suasana. 

      Sifat karikatural ini bisa berupa dialog-dialog yang diucapkan oleh karakter tokoh, bisa juga dengan tingkah laku, bahkan perpaduan antara ucapan dengan tingkah laku. 

      Misalnya, karakter Badut pada lakon Raja Lear karya Willilam Shakespeare terjemahan Trisno Sumardjo, kalau dianalisis dialognya menunjukkan betapa sangat satir dan dapat mengimbangi ketegangan suasana yang diciptakan oleh Raja Lear.

      Dari dialog yang dilakukan oleh Raja Lear dengan Badut ini bisa dianalisis bahwa suasana yang diciptakan oleh Raja Lear cenderung pada suasana kemarahan karena telah diusir oleh anaknya, sedangkan dialog yang disampaikan oleh Badut cenderung lucu dan ceria meskipun berisi tentang olok-olok dan nasehat kepada Raja Lear.

Bisa juga, karakter ini menjadi cara dalam bentuk pementasan komedi yang terkadang membutuhkan karakter yang aneh, dan berbeda dengan karakter peran yang lainnya.

No comments:

Post a Comment