Thursday, June 14, 2012

Improvisasi dengan cerita

Improvisasi dengan Cerita

Sebuah permainan pantomim yang imajinatif. Bagus dilakukan untuk membangun imajinasi berdasar narasi. Pemain diminta instruktur untuk membentuk tubuhnya sekecil mungkin seolah mereka adalah biji apel yang ditanam di bawah tanah. 

Selanjutnya instruktur meneruskan narasi tersebut dengan suara yang keras dan para pemain melakukan aksi seperti halnya pantomim sesuai dengan narasi yang disampaikan oleh instruktur.

Misal:
Instruktur memberi narasi: “biji apel yang ditanam di dalam tanah merasa kedinginan karena langit menurunkan hujan.” “Air merembes masuk ke tanah dan menyentuh kulit biji apel, dingin dan beku”. “Semakin dingin sepi dan sendiri biji apel itu”. “Namun ketika pagi menjelang, sinar mentari menyinari bumi, cahayanya menerobos ke dalam lubang-lubang tanah hingga menyentuh kulit biji apel”, “senang dan gembira biji apel menerima hangat sinar mentari dan ia merasakan hidup” “dengan menggeliat ia mencoba untuk pelan-pelan bangkit, menembus lubang-lubang tanah untuk menyambut sinar mentari”, dan seterusnya sampai cerita tentang apel itu berhenti atau dihentikan oleh instruktur.
Ketika instruktur menyampaikan narasi ini, semua pemain bergerak mengikuti alur narasi yang disampaikan instruktur sampai cerita benar-benar selesai.

No comments:

Post a Comment