Tuesday, March 8, 2011

Drama Dan Jenis-Jenisnya

1.Tragedi
Drama yang unsur kesedihannya lebih besar dan harapan untuk kehidupan yang sempurna. Tokohnya ialah tragic hero, artinya pahlawan yang mengalami nasib tragis dan pertentangan antara protagonis dan antagonis berakhir dengan keputusasaan, kehancuran, atau kematian tokoh protagonis.


Drama tragedi ini dapat dibatasi sebagai drama duka yang berupa dialog bersajak yang menceritakan tokoh utama yang menemui kehancuran karena kelemahannya sendiri.


2.Komedi

Komedi adalah drama ringan yang menghibur dan biasanya berakhir kebahagiaan. Kelucuan bukan tujuan utama. Dalam drama komedi ditampilkan tokoh yang tolol, konyol, atau tokoh bijaksana tapi lucu.

3.Melodrama
Merupakan lakon yang sangat sentimental, dengan tokoh dan cerita yang mendebarkan hati dan mengharukan. Tokohnya bersifat stereotip, yang jahat tidak memiliki kebaikan sedikitpun begitupun sebaliknya. Dalam melodrama kualitas watak manusia bersifat unik dan individual.

4.Dagelan (farce)
Disebut juga banyolan. Adalah drama kocak dan ringan tidak terlalu berdasarkan struktur dramatic dan perkembangan cerita sang tokoh. Struktur dramatiknya longgar. Merupakan entertainment, yang mementingkan unsur kelucuan, karena segala hal dapat dijadikan lucu. Leluconnya biasanya yang hidup diantara masyarakat kebanyakan.

1 comment: