Saturday, March 12, 2011

Permulaan Teater abad 19



Drama Romantik berkembang antara tahun 1800-1850 karena memudarnya gagasan neoklasik dan terjadinya peristiwa revolusi Perancis . Revolusi perancis — yang berhasil mengubah struktur dan pola kehidupan rakyat Perancis –menghadirkan gerakan baru di dunia teater yang mendorong terciptanya formula penulisan tema dan penokohan dalam naskah lakon.

Ciri-ciri pertunjukan teater Romantik adalah:
  • menggunakan naskah dengan struktur yang bersifat longgar dengan karakter tokoh yang berubah-ubah di setiap episode. 
  • Setiap bagian Plot  cerita memiliki episodenya sendiri (plot episodik).
  • Inti cerita adalah masalah kebebasan . Memberontak pada fakta dan aturan yang bersifat klasik.
  • Membawakan cerita kesejarahan yang memuat adegan perang, pemberontakan, pembakaran istana, perang tanding dan sebagainya.
  • Panggung dihiasi dengan gambar-gambar yang sangat indah.
  • Setting perspektif diganti dengan lukisan untuk layar sayap panggung dan sayap belakang dan bentuk skeneri ditampilkan bergantian.
      Di awal abad ke 19, sebuah pergerakan teater besar yang dikenal denganRomantik mulai berlangsung di Jerman. August Wilhelm Schlegel adalah seorang penulis Roman Jerman yang menganggap Shakespeare adalah salah satu dari pengarang naskah lakobn terbesar dan menerjemahkan 17 dari naskah lakonnya. Penggemar besar Shakespeare lain adalah Ludwig Tieckyyang sangat berperan dalam memperkenalkan karya-karya Shakespeare kepada orang-orang Jerman. Salah satu lakon tragedinya adalah Kaiser Octaveous. Pengarang Jerman lainnya di awal abad ke 19 antara lain,Henrich von Kleist yang dikenal sebagai penulis lakon terbaik jaman  itu,Christian Grabbe yang menulis Don Jaun dan Faust, Franz Grillparzer yang dipandang sebagai penulis lakon serius pertama Austria, dan George Buchneryang menulis Danton’s Death dan Leoce & Lena.

      Di Inggris, pergerakan Romantik dipicu oleh naskah lakon karya Samuel Taylor Coleridge, Henry James Byron, Percy Bysshe Shelley, dan John Keats. Dengan naskah lakon seperti, Remorse karya Coleridge, Marino Fanceirokarya Byron, dan The Cinci karya Shelley. Inggris menjadi berpengaruh kuat dalam mempopulerkan aliran Romantik. Di Perancis,  Victor Hugo menulisHernani ( tahun 1830) . The Moor of Venice adalah naskah lakon yang ditulis oleh Alfred de Vigny yang  merupakan  adaptasi Othello. Alexandre Dumas pere menulis lakon Henri III and his Court dan Christine . Alfred de Musset menulislakon A Venician Night dan No Trifling With Love

No comments:

Post a Comment