Saturday, April 23, 2011

Berlatih dengan bernyanyi

Latihan menyanyi dalam teater
Nyanyikan dialogmu!
      Pemain terdiri dari dua orang atau lebih, menentukan siapa menjadi apa, di mana lokasinya dan topik pembicaraannya apa.

       Usahakan adegannya yang singkat dan sederhana saja. Instruktur kemudian meminta salah satu pasangan atau kelompok untuk maju berdialog sampai selesai.

      Setelahnya instruktur meminta mereka untuk mengulangi dialog tersebut namun semuanya dalam bentuk nyanyian. Semua dialog (ucapan) dinyanyikan. Demikian seterusnya dengan pasangan pemain yang lain.

Penyanyi Balada 

Seorang pemain bertindak sebagai penyanyi balada yang menyanyikan lagu baladanya sesuai dengan permintaan audien. Pemain lain (pilihlah beberapa orang atau bisa dibebaskan siapa saja yang hendak bergabung) memerankan apa yang dinyanyikan dalam balada tersebut secara slow motion (seperti video klip).

      CATATAN: ini merupakan pembentukan cerita secara bersama sebagaimana para pemain diinspirasi oleh peristiwa yang dinyanyikan penyanyi balada demikian juga sebaliknya, aksi mereka mungkin akan menginspirasi penyanyi dalam menemukan kalimat syairnya.

      Lagu yang dinyanyikan sangat bebas, tidak terpaut not, kalimat yang diluncurkan pun juga bebas dan lepas, ingatlah ini hanya permainan dan bukan lagu indah yang dinilai tetapi bagaima membangun sebuah cerita bersama-sama itu yang penting.


Menyanyikan cerita 
      Sebuah adegan untuk membangun cerita secara bersama-sama. Kelas dibagi dalam beberapa kelompok minimal 3 orang. Masing-masing kelompok menyiapkan ide dasar ceritanya. Kemudian satu per satu pemain maju dan mengucapkan kalimatnya dalam bentuk lagu yang kemudian disambung oleh pemain yang lain. Inti dari permainan ini adalah aksi-reaksi dalam bentuk lagu atau nyanyian hingga cerita terbangun mulai dari awal sampai akhir.

      Variasi: Jika adegan sudah berjalan dengan baik, adegan dapat diulangi tetapi dengan menambah emosi para pemain melalui lagu yang dinyanyikan.

No comments:

Post a Comment