Wednesday, March 23, 2011

Emile Zola/ Biografi

Emile Zola
Emile Zola

      Émile Zola (1840-1902), penulis Prancis banyak karya berpengaruh di sekolah naturalisme sastra termasuk seri dua puluh novel yang ditulis antara 1871 dan 1893 yang mengikuti keluarga Rougon Macquart dimulai dengan The Fortune dari Rougons (1871).

      Émile Zola lahir di Paris, Perancis pada tanggal 2, April 1840 bin François Zola, seorang insinyur dan istrinya Emilie Aubert. Ia dibesarkan di Aix-en-Provence, sekarang bernama College Mignet, maka Lycée Saint Louis di Paris.

      Di bawah selat keras dari kemiskinan setelah ayahnya meninggal Zola bekerja berbagai pekerjaan administrasi.

      Dia kemudian pindah menulis kolom sastra untuk surat kabar de Cartier Villemessant's. Sebuah tanda hal-hal yang akan datang ia keras dan blak-blakan dalam kritiknya terhadap Napoleon ".. pekerjaan saya menjadi gambar seorang berangkat pemerintahan, masa aneh kegilaan manusia dan malu."


      Dia juga keras anti-Katolik "Peradaban tidak akan mencapai kesempurnaan sampai batu terakhir dari gereja terakhir jatuh pada imam terakhir."

      Pada awalnya dari gerakan romantis, Zola menjadi pendukung naturalisme Perancis bersama dengan penulis terkenal seperti waktu sebagai Stephen Crane Maggie: A Girl from Streets (1893), George Gissing new Grub Street (1891), dan Guy de Maupassant The Maison Tellier (1881).

      Terinspirasi oleh Claude Bernard untuk Experimental Medicine (1865) Zola segera menemukan tempatnya sebagai pengamat ilmiah yang memihak masyarakat Perancis, sifat manusia, dan kerusakan moral yang sering terjadi.

      Selama periode yang penuh gejolak, dari munculnya kekuatan Napoleon Bonaparte III yang menjadikannya sebagai Kaisar sampai akhir perang Prusia Francokenaikan, seri ambisius Zola termasuk La Conquête de Plassans (The Penaklukan Plassans) (1874), dan L'Assommoir (The Dram -Shop atau pemabuk ) (1877).

       Lain dalam seri Nana (1880) yang merupakan lakon kelas bawah, pelacur dan "devourer manusia" yang naik di kalangan elite Paris sebagai sosok yang merusak dan seluruhnya kuat yang mengganggu konvensi dan datang untuk mewakili jatuhnya Kekaisaran Perancis Kedua.

      Zola sendiri turun mineshafts dalam pendekatan metodis intens untuk menulis Germinal (1885). Terletak di 1860-an ini berhubungan dengan perjuangan kaum proletar dan kondisi kerja tidak manusiawi dari penambang batu bara yang mencolok dalam Utara Perancis dan banyak film terinspirasi dan adaptasi televisi.

      Judul lain dalam seri ini adalah L'oeuvre (The Masterpiece) (1886) gambaran ringan fiksi persahabatan dengan pelukis Paul Cézanne yang kemudian menyebabkan keretakan dalam persahabatan mereka, La Terre (1887), La thriller psikologis bete humaine (1890 ), dan berakhir dengan Le Docteur Pascal (1893).

       Salah satu karya pertama Zola diterbitkan adalah otobiografinya Pengakuan de Claude (1865), yang menarik banyak kritik dan membawa perhatian negatif terhadap dia termasuk polisi.

      Rasa bersalah dan rasa malu menghantui Thérèse Raquin (1867), karya Zola lain untuk menginspirasi banyak film dan adaptasi televisi.

      Madeleine Férat diumumkan setahun kemudian. Zola lebih lanjut mengeksplorasi model ilmiah di Le Roman Experimental (The Novel Eksperimental) (1880). Selanjutnya dia menulis-nya Les Trois Villes seri terdiri dari Lourdes (1894), Roma (1896), dan Paris (1898).

      Mungkin pekerjaan yang paling sensasional dan tentu saja politik berpengaruh Zola adalah "J'accuse" (Saya menuduh!) (1898), surat terbuka untuk kemudian Presiden Perancis Félix Faure.

      Menuduh pemerintah Perancis anti-Semitisme itu diterbitkan di halaman depan surat kabar Paris L'Aurore (The Dawn) pada 13 Januari 1898 di tanggapan terhadap Peristiwa Dreyfus, sebuah skandal yang telah membagi negara menjadi dua sebagai seluruh dunia menyaksikan pada gelisah.

      Kapten Alfred Dreyfus adalah seorang perwira militer Yahudi di tentara Perancis, buru-buru diadili dan dihukum karena pengkhianatan pada tahun 1894.

      Menyadari kesalahan mereka dengan tergesa-gesa dan ceroboh birokrasi, pemerintah tidak bersedia untuk mundur dan melepaskan dia dari penjara di Devil's Island hingga beberapa tahun berikutnya.

       Artikel Zola paparan dan kehebohan berikutnya menyebabkan berlakunya hukum Prancis pada tahun 1905 yang memisahkan gereja dan negara, "Republik tidak mengakui, atau tidak menggaji, dan juga agama" ".

      Zola didakwa pencemaran nama baik dan setelah pengadilan internasional tertutup dijatuhi hukuman penjara tahun lama, tetapi melarikan diri ke Inggris. Ia kembali ke Perancis ketika tuduhan terhadap dia diberhentikan.

      Dreyfus adalah exhonerated dan kembali kehormatan penuh dengan militer. Kembali di Perancis Zola terus menulis, termasuk di Les Quatre Évangiles (Empat Injil); Fécondité (berbuah) (1900), penderitaan (Tenaga Kerja) (1901), Verite (Kebenaran) (1903), dan Keadilan (belum selesai).

      Émile Zola meninggal pada 29 September 1902 di rumahnya di Paris di bawah apa yang menjadi klaim beberapa keadaan curiga terhadap keracunan karbon monoksida. Dia pertama kali dikebumikan di Cimetière de Montmartre di Paris, kemudian pindah ke Panthéon The Latin Quarter di Paris, Perancis.

No comments:

Post a Comment