Jean Paul Satre
Jean-Paul Sartre, (1905-1980) lahir di Paris tahun 1905, kemudian belajar di École Normale Supérieure 1924-1929 dan menjadi Profesor Filsafat di Le Havre pada 1931. Dengan bantuan upah seorang dari Institut Français ia belajar di Berlin (1932).
Setelah mengajar di Le Havre, di Laon, ia mengajar di Lycée Pasteur di Paris 1937-1939. Sejak akhir Perang Dunia Kedua, Sartre hidup sebagai seorang penulis independen.
Pemikiran Sartre berasal dari gagasan Husserl tentang kesadaran, kebebasan dan eksistensialisme Heidegger, namun eksistensialisme yang Sartre rumuskan orisinil.
Popularitas kepengarangnya mencapai klimaks di tahun 1940an, dan tulisan-tulisan teoretis Sartre serta novel dan drama merupakan salah satu sumber inspirasi utama sastra modern.
Dalam ateisme pandangan filosofisnya diambil untuk diberikan, yang "kehilangan Tuhan" tidak berduka. Manusia dikutuk untuk kebebasan, kebebasan dari semua otoritas, yang ia dapat berusaha untuk menghindari, mengubah, dan menolak tapi yang ia akan harus hadapi jika ia menjadi makhluk moral.
Arti hidup manusia tidak dibentuk sebelum keberadaannya. Setelah kebebasan yang mengerikan diakui, manusia harus membuat makna sendiri, harus memiliki komitmen dirinya untuk peran di dunia ini, telah melakukan kebebasannya.
Dan upaya ini untuk membuat diri sendiri adalah sia-sia tanpa "solidaritas" orang lain.
Dalam Kesimpulannya, sastra tidak lagi suatu kegiatan untuk dirinya sendiri, maupun terutama deskriptif karakter dan situasi, tapi berkaitan dengan kebebasan manusia dan (dan penulis) komitmen. Sastra dilakukan; penciptaan artistik adalah kegiatan moral.
Pada awal penulisannya sebagian besar karyanya berupa studi psikologis, Imajinasi L'(1936), Esquisse d'une des théorie Emosi (Garis dari Teori Emosi), 1939, dan L'Imaginaire: phénoménologique psychologie de l'imajinasi (The Psikologi Imajinasi), 1940, tetap relatif tidak diketahui, novel pertama Sartre, La Nausée (Mual), 1938, dan kumpulan cerita Le Mur (The Wall dan Cerita lain), tahun 1938.
Mereka secara dramatis mengungkapkan tema awal eksistensialis Sartre keterasingan dan komitmen, dan keselamatan melalui seni.
Humanisme eksistensialis Sartre menjalar dalam esai humanisme populer Existentialisme L'un est (Eksistensialisme adalah Humanisme), 1946, juga hadir dalam seri novel, Les Chemins de la Liberté (The Jalan untuk Kebebasan), 1945-1949.
Sartre mungkin paling dikenal sebagai penulis drama. Dalam Les Mouches (The Lalat), 1943, kebebasan melakukan pembunuh muda diadu dengan Yupiter tak berdaya, sementara di Huis Clos (No Exit) 1947, neraka muncul sebagai kebersamaan orang.
Sartre telah terlibat secara luas di kritik sastra dan telah menulis studi tentang Baudelaire (1947) dan Jean Genet (1952).
Awal kehidupan dan pemikiran
Bersama-sama, Sartre dan de Beauvoir menantang asumsi-asumsi budaya dan sosial dan harapan upbringings mereka, yang mereka anggap borjuis, dalam gaya hidup baik dan berpikir. Konflik antara menindas, sesuai rohani merusak (mauvaise foi, secara harfiah, "itikad buruk") dan "otentik" cara "menjadi" menjadi tema dominan karya awal Sartre, tema pokok yang terkandung dalam karyanya L'etre et filsafat le Néant (Menjadi dan Nothingness) (1943). Sartre pengenalan terhadap filsafat adalah karyanya Eksistensialisme adalah Humanisme (1946), awalnya disajikan sebagai kuliah.
Sartre dan sastra
Sartre pandangan yang mempertentangkan kepada mereka Albert Camus dalam imajinasi populer. Pada tahun 1948, Gereja Katolik Roma menempatkan karya-karya yang lengkap di buku Indeks dilarang. Sebagian besar memainkan nya yang kaya simbolis dan berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan filsafatnya.
Yang paling terkenal, Huis-Clos (Keluar Tidak), berisi baris terkenal "L'Enfer, c'est les autres," biasanya diterjemahkan sebagai "Neraka adalah orang lain."
Selain dari dampak Mual, kontribusi besar Sartre untuk sastra adalah The Jalan untuk trilogi Kebebasan yang grafik perkembangan tentang bagaimana Perang Dunia II terpengaruh ide-ide Sartre. Dengan cara ini, Jalan untuk Kebebasan menyajikan pendekatan yang lebih teoritis dan lebih praktis untuk eksistensialisme.
No comments:
Post a Comment