Saturday, March 12, 2011

Permulaan Teater (lanjutan 3)


Teater  Restorasi di Inggris

      Zaman restorasi adalah zaman kebangkitan kembali kegiatan teater di Inggris setelah kaum Puritan yang berkuasa menutup kegiatan teater.  Segala bentuk teater dilarang.Namun setelah Charles II berkuasa kembali, ia menghidupkan kembali teater. 
      
      Adapun ciri- ciri teater pada zaman restorasi adalah:
  • Tema cerita bersifat umum dan penonton sudah mengenalnya.
  • Tokoh wanita diperankan oleh Pemain wanita
  • Penonton tidak lagi semua lapisan masyarakat, tetapi hanya kaum menengah dan kaum atasan,
  • Gedung teater  mencontoh gaya Italia.
  • Pertunjukan diselenggarakan di  gedung  proscenium diperluas dengan menambah area yangdisebut apron. sehingga terjadi komunikasi yang intim antara pemain dan penonton. 
  • Setting panggung bergambar perspektif dan  lebih bercorak umum, misalnya taman atau istana.

Teater Abad 18

      Di abad ke 17, teater Italia memiliki struktur-struktur bangunan dan panggung-panggung arsitektural. Panggung-panggung itu dihiasi  setting-setting perspektif yang dilukis.Letak panggung dipisahkan dengan  auditorium oleh lengkung prosenium. Di Inggris dan Spanyol, tidak terdapat pemain  wanita dalam pementasan teater mereka. Tradisi tersebut berlangsung sampai kira-kira 1587. Di abad ke 17, perusahaan-perusahaan seni peran Perancis dan Inggris mulai menambahkan wanita ke dalam rombongan-rombongan pertunjukan mereka. Di Amerika, teater kolonial baru mulai muncul. Mereka menggunakan sandiwara-sandiwara dan aktor-aktor Inggris. Abad ke 18 adalah masa agung pertama teater untuk kaum bangsawan.

      Pada abad 18 teater di Perancis dimonopoli oleh pemerintah dengan Comedie Francaise-nya. Secara tetap mereka mementaskan komedi dan tragedi, sedangkan bentuk opera, drama pendek dan burlesque dipentaskan oleh rombongan teater Italia : Comedie Italienne yang biasanya mementaskan di pasar-pasar malam. Sampai akhir abad XVIII Perancis menjadi pusat kebudayaan Eropa. Drama Perancis yang neoklasik menjadi model di seluruh Eropa.  Kecenderungan neoklasik menjalar ke seluruh Eropa.

       Selama abad18 Italia berusaha mempertahankan bentuk Commedia Dell’arte. Penulis besarnya ialah Carlo Goldoni. Karya-karyanya berupa komedi yang kebanyakan agak sentimental tetapi tergolong bermutu. Penulis naskah yang lain adalah Carlo Gozzi. Ia tidak meneruskan tradisi dell’arte tetapi menciptakan sendiri komedi-komedi fantasi dengan adegan-adegan penuh improvisasi. Commedia dell’arte sendiri mulai merosot dan tidak populer di Italia pada akhir abad XVIII. Sedang dalam tragedi, penulis Italia abad itu yang menonjol hanya Vittorio Alfieri.

      Teater di Jerman sudah berkembang pada zaman Renaissance (1500-1600) meskipun dalam bentuk yang belum sempurna, inilah sebabnya teater Jerman tak berbicara banyak di Eropa sampai tahun 1725. Teater Jerman dengan model Comedie Francaise, menciptakan  suatu organisasi teater paling baik di Eropa pada akhir abad XVIII sejak itu gerakan teater Jerman berpaling dari ide neoklasik kepada aliran romantik.

No comments:

Post a Comment