Monday, March 14, 2011

Teater Tradisional (Wayang Orang)

Semar
Macam-macam Teater tradisional, ialah:
   
   Wayang Orang, dilihat dari sudut pandang terminologi ada beberapa mengenai asal kata Wayang. Pendapat pertama mengatakan bahwa kata wayang berasal dari kata wayangan atau bayangan atau sumber ilham, yang maksudnya ialah ide untuk menggambar wujud tokoh. Sedangkan pada pendapat kedua mengatakan kata wayang berasal dari Wad dan Hyang, artinya leluhur.

       Dalam kamus Bahasa Indonesia, Wayang berarti sesuatu yang dimainkan ki Dalang berupa gambar pahatan dari kulit binatang, melambangkan watak-watak manusia.

       Dalam kamus bahasa sunda, disebutkan bahwa wayang adalah boneka berbentuk manusia yang dibuat dari kulit atau kayu dan lebih ditegaskan lagi pengertian wayang sama dengan sandiwara boneka.
       Dalam pengertian luas, wayang bisa mengandung makna gambar, boneka tiruan manusia yang terbuat dati kulit, kardus, seng, mungin kaca serat atau bahan dwimatra lainnya, dan dari kayu pipih maupun bulat torak tiga dimensi. Pertunjukan wayang orang yang masih ada saat ini, salah satunya adalah wayang orang Barata (dikawasan Pasar Senin, Jakarta), Taman Sriwedari Solo, dll.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment