Tuesday, November 1, 2011

Mengenal Musik

Dalam kehidupan masyarakat, musik tak bisa dipisahkan. Maka perlulah kita mengenal musik yang hadir disekitar kita. Kesenian rakyat termasuk musik rakyat atau tradisi merupakan gambaran sosial masyarakat pendukungnya sering disebut dengan pencerminan dari jati diri masyarakat. 

Pada masyarakat agraris keseniannya tercermin dalam kegiatan kesehariannya bagi masyarakat agamis musik atau kesenian secara umum menunjukkan bagaimana sifat kerohaniannya, musik Islami misalnya.

Untuk dapat memahami atau mengenali jenis musik ada dua hal yang dapat kita lakukan yaitu memahami teks dan konteks dalam sebuah kesenian atau karya seni.

Musik itu hidup dalam masyarakat,musik dianggap suatu cerminan sistem sosial atau sebaliknya. Ketika kita pertama kali mengenal sebuah musik biasanya kita mengamati akustiknya; melodi (lagu), ritme, tempo, warna nada, (tone color), dan lainnya. Dalam hal ini kita melihat secara akustiknya saja. Dalam mengenal sebuah musik kita tidak hanya mengenal secara akustik, kita harus juga menghubungkannya dengan masalah kemasyarakatannya.

Teks artinya kejadian akustik, sedangkan konteks adalah suasana, yaitu keadaan yang dibentuk oleh masyarakat pendukung musik itu sendiri. Memahami teks dalam musik sangat diperlukan dalam upaya memahami konteks, misalnya untuk mengerti struktur musik Banyuwangi kita harus mengenal dengan budaya orang Banyuwangi, musik Madura kita harus juga memahami tentang budaya masyarakat Madura. Hal demikian tentu saja tidak hanya untuk mengenal atau mempelajari musik tetapi bisa digunakan seni secara umum.

No comments:

Post a Comment