Wednesday, March 23, 2011

Bernard Shaw/ Biografi

Bernard Shaw
      George Bernard Shaw lahir pada 26 Juli 1856 di Dublin, sebagai anak dari George Carr Shaw, yang dalam perdagangan gandum grosir, dan Lucinda Elisabeth Shaw, putri seorang pemilik tanah miskin. masa kanak-kanak Shaw merasa terganggu. Ayahnya adalah seorang pemabuk. 

      Shaw pergi ke Wesleyan Connexional Sekolah, kemudian pindah ke sebuah sekolah swasta dekat Dalkey, dan kemudian ke Dublin's Central Model Sekolah, mengakhiri pendidikan formal di Dublin Inggris Ilmiah dan Umum Hari Sekolah. Pada usia 15 ia mulai bekerja sebagai pegawai junior. Pada tahun 1876 ia pergi ke London, bergabung dengan kakaknya dan ibu. Shaw tidak kembali ke Irlandia selama hampir tiga puluh tahun. 

      Shaw memulai karir sastra dengan menulis kritik musik, teater, dan novel, Pada tahun 1884 bergabung dengan Shaw Fabian Society, sebuah kelompok sosialis kelas menengah dan bertugas di komite eksekutif 1885-1911.

      George Bernard Shaw (1856-1950) lahir Dublin, 26 Juli 1856 – meninggal 2 November 1950 di Hertfordshire adalah seorang novelis, kritikus, esaias, politikus, dan orator Irlandia yang menetap di Inggris. Pada 18 Desember 1926, ia menolak hadiah uang ketika menerima Nobel Kesusasteraan dan Academy Award for Writing Adapted Screenplay (pada 1938 untuk Pygmalion).

      Saat menerima penghargaan dalam acara itu, ia mengatakan, "Aku bisa memaafkan Alfred Nobel atas penemuan dinamit, tapi hanya iblis dalam sosok manusia yang bisa menerima Hadiah Nobel. Padahal, ia yang lebih dikenal sebagai dramawan, memulai karier dalam kondisi frustasi akibat kemiskinan.

      Dramanya yang paling awal dimainkan ialah "Menyenangkan dan tidak menyenangkan (1898). Selain itu di antaranya, Rumah duda dan Nyonya Warren, lakon ini menyerang kemunafikan sosial, yang mengkritik tuan tanah perkampungan kumuh tidak diterima dengan baik. Sementara dalam drama seperti "Senjata dan Man" dan "The Man of Destiny" kritik yang dilontarkan kurang sengit. 

      Shaw adalah orang yang berpaham rasional radikal, ia sama sekali mengabaikan konvensi, minat dialektika dan kecerdasan verbal sering mengubah panggung menjadi sebuah forum ide-ide, dan tempat lebih terbuka, yang ketiga tindakan dari dramatisasi mengejar cinta wanita manusia, Man dan Superman (1903).

      Pada tahun 1895 Shaw menjadi kritikus drama untuk Review Sabtu. Artikel-artikel ini kemudian dikumpulkan dalam Teater Kami Dalam tahun sembilan puluhan (1932). Shaw juga menulis musik, seni dan kritik drama untuk Drama Review (1885-1886), kami Corner (1885-1886), The Pall Mall Gazette (1885-1888), Dunia (1886-1894), dan The Star (1888 - 90) sebagai 'Corno di Basetto'. 

      Kritik Musiknya telah dikumpulkan di Musik Shaw (1981). The Perfect Wagnerite muncul di tahun 1898 andCaesar Dan Cleopatra pada tahun 1901.

       Pada tahun 1898 Shaw menikah dengan Charlotte kaya Payne-Townshend. Mereka menetap pada tahun 1906 di desa Hertfordshire dari Ayot St Lawrence. Shaw tetap dengan Charlotte sampai kematiannya, meskipun ia kadang-kadang dikaitkan dengan wanita lain. Dia membawa pada korespondensi gairah selama bertahun-tahun dengan Mrs Patrick Campbell, seorang janda dan aktris.

      Dalam memainkan diskusi masa kemudian kadang-kadang tenggelam drama, dalam Kembali ke Metusalah (1921), meskipun dalam masa yang sama dia bekerja padanya karya Saint Joan (1923), di mana ia menulis ulang cerita terkenal dari Perancis gadis dan memanjang dari Abad Pertengahan hingga saat ini.

       Lakon lain yang berperan penting lainnya adalah "Caesar and Cleopatra" (1901), sebuah drama sejarah yang penuh dengan sindiran untuk zaman modern, dan Androcles and Lion (1912), di mana ia dieksekusi semacam sejarah retrospektif dan dari gerakan modern menarik pemotongan bagi orang Kristen era. 

      Dalam lakon "Major Barbara" (1905), salah satu «diskusi» paling sukses memainkan Shaw, perhatian penonton dipegang oleh kekuatan argumentasi cerdas bahwa manusia dapat mencapai keselamatan estetika hanya melalui aktivitas politik, bukan sebagai individu, Major Barbara menggambarkan seorang petugas Bala Keselamatan, yang belajar dari ayahnya, produsen persenjataan, bahwa uang dan kekuasaan bisa menjadi senjata yang lebih baik terhadap yang jahat daripada cinta. 

      The Doctor's Dilema (1906), bercanda diklasifikasikan sebagai tragedi oleh Shaw, adalah benar-benar sebuah komedi humor yang diarahkan pada profesi medis. Candida (1898), dengan sikap sosial terhadap hubungan seks sebagai objek sindiran, dan Pygmalion (1912), sebuah studi cerdas dari fonetik serta pengobatan pandai moralitas kelas menengah dan perbedaan kelas, terbukti beberapa keberhasilan Shaw terbesar di panggung. 

      Ini adalah kombinasi dari dramatis, komik, dan sosial perbaikan yang memberikan komedi khusus Shawa.

      George Bernard Shaw meninggal dunia di Ayot St Lawrence, Hertfordshire, pada tanggal 2 November 1950. Selama karirnya yang panjang, Shaw menulis lebih dari 50 naskah drama.

No comments:

Post a Comment